Cup Sealer

Mesin Cup Sealer Full Otomatis

Cup Sealer

Cup sealer atau mesin pengepres tutup gelas adalah alat yang digunakan untuk memasang tutup atau seal pada wadah minuman, makanan, atau produk lain dalam kemasan cup/gelas. Tujuan penggunaan cup sealer ini adalah untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan kualitas produk, serta mempermudah dalam proses penyimpanan, transportasi, dan penjualan produk.

Mesin cup sealer bekerja dengan menggunakan panas dan tekanan untuk merekatkan tutup pada wadah kemasan. Tutor atau lid yang digunakan adalah tudung plastik yang telah dibentuk dan dilebur dengan panas hingga menempel pada bibir wadah. Jenis tutup yang digunakan juga bervariasi, bisa berupa tutup kertas, foil/alu, ataupun tutup plastik yang sudah jadi.

Minuman Dengan Seal Cup

Kapasitas mesin juga bervariasi, mulai dari mesin kecil untuk penggunaan rumahan hingga mesin besar untuk produksi skala industri. Beberapa tipe mesin cup sealer dilengkapi dengan fungsi automatic sensor yang memudahkan pengguna dalam menghadapi kebuntuan produksi, serta kontrol suhu yang dapat membantu mengatur temperatur supaya tutup atau sealer dapat terpasang dengan baik.

Mengemas produk minuman, sambal, atau sari buah dalam gelas plastik memerlukan mesin perekat tutup agar isinya tidak tumpah. Terdapat tiga jenis mesin untuk perekat tutup atau cup sealer Royal, yaitu cup sealer manual – semi – full automatic untuk memudahkan proses pengemasan.

Mesin ini tidak hanya perlu dimiliki oleh industri makanan dan minuman berskala besar saja, tetapi juga industri rumahan. Bahkan, Mesin penutup gelas plastik juga dapat membantu penjual jus buah dan minuman di pinggir jalan meningkatkan kelas produk mereka. Cup sealer manual, semi, dan full automatic bekerja dengan prinsip memanaskan plastik penutup sekaligus menekan ke bibir gelas, sehingga hasilnya plastik merekat sempurna pada gelas.

Jenis Cup Sealer dan Keunggulannya

Terdapat tiga jenis mesin perekat plastik penutup gelas di pasaran, yaitu cup sealer manual – semi – full automatic. Ketiganya mempunyai spesifikasi, fungsi, dan kelebihan yang berbeda-beda.

Cup Sealer Manual

Cup sealer manual dapat mengemas produk yang dipasarkan dalam bentuk gelas dengan cepat. Cara menggunakan mesin manual pun tidak sulit, sehingga bisa dijalankan oleh siapa saja tanpa harus memiliki keterampilan khusus.

Bagi Anda yang memiliki usaha kecil atau baru memulai dan hanya memiliki sedikit bujet untuk membeli mesin, alat ini sangat sesuai. Dibandingkan dengan mesin semiotomatis atau yang full otomatis, harganya jauh lebih murah.

Cup Sealer Semiotomatis

Cup sealer semiotomatis dapat digunakan untuk mengemas gelas berukuran besar dan kecil. Cara kerjanya hampir sama dengan yang manual. Yang membedakannya hanyalah fitur sensor yang memungkinkan plastik berputar sendiri sehingga tidak perlu digulung secara manual.

Kelebihan lainnya, yaitu dilengkapi dengan panel pengontrol suhu untuk mengatur temperatur agar sesuai dengan tingkat panas yang dibutuhkan. Mesin penutup gelas plastik semi otomatis cocok untuk digunakan pada industri skala rumahan atau usaha kecil dan menengah.

Cup Sealer Full Automatic

Mesin penutup gelas plastik Royal full automatic ialah jenis yang paling modern. Sama dengan yang jenis semiotomatis, mesin ini juga dilengkapi dengan digital counter dan pengatur temperatur otomatis.

Proses pengemasan menggunakan mesin full automatic sangat cepat dan praktis. Pertama, plastik penutup gelas ditata di dalam laci lalu dorong laci ke dalam. Setelah itu, mesin akan memutar plastik cup lid dan menjalankan proses hingga selesai. Mesin ini cocok digunakan untuk industri berskala besar, seperti industri minyak goreng, minuman kemasan, dan sari buah.

Cara Membersihkan dan Merawat Cup sealer

Sebagai aset produksi, mesin perekat yang Anda miliki harus dijaga agar mampu bekerja maksimal setiap kali digunakan. Caranya dengan membersihkannya secara teratur dan tidak menggunakannya secara berlebihan. Perawatan harian mesin bisa dilakukan dengan:

  • Membersihkan mesin sebelum dan sesudah pemakaian;
  • Perhatikan waktu yang disarankan untuk menjalankan mesin. Setelah beroperasi selama empat jam tanpa henti, istirahatkan selama satu jam, baru kemudian digunakan kembali; serta
  • Menggunakan pelumas untuk mengurangi gesekan dan menghilangkan kotoran pada plat pemanas mesin. Selain minyak pelumas, Anda pun dapat menggunakan cairan pendingin untuk membersihkan bagian tersebut dari karat dan kotoran.

Meskipun selalu dibersihkan, kerusakan adalah hal yang wajar terjadi pada mesin setelah lama digunakan. Apabila memungkinkan, Anda dapat memperbaiki kerusakan kecil sendiri agar menghemat biaya perawatan. Kerusakan kecil pada mesin ini biasanya terjadi pada plat pemanas dan pengatur temperatur pada ketiga jenis mesin.

Pada dasarnya, baik mesin cup sealer manual Рsemi Рfull automatic  hadir untuk mempermudah pengemasan dengan gelas. Hanya saja, penggunaannya bergantung pada kebutuhan dan skala produksi yang dikerjakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Us Now!
1
Butuh Bantuan
Hello! Selamat datang di website ROYAL MESIN. Apabila Anda butuh bantuan jangan ragu untuk menghubungi Customer Service Kami.

Jaminan harga termurah Se-Indonesia & free delivery* keseluruh wilayah Pulau JAWA.
*S&K Berlaku